-->
Thursday, July 25, 2013

Ruang Lingkup Pembelajaran Langsung

IKLAN
A.RUANG LINGKUP PENGAJARAN LANGSUNG
1. Istilah dan Pengertian
Pengajaran langsung adalah suatu model pengajaran yang bersifat teacher center. Menurut Arends (1997), model pengajaran langsung adalah salah satu pendekatan mengajar yang dirancang khusus untuk menunjang proses belajar siswa yang berkaitan dengan pengetahuan deklaratif dan pengetahuan procedural yang terstruktur dengan baik yang dapat diajarkan dengan pola kegiatanyang bertahap, selangkah demi selangkah.
Ciri-ciri model pengajaran langsung dalam (Kardi dan Nur, 2000: 3) adalah sebagai berikut:
1.      Adanya tujuan pembelajaran dan pengaruh model pada siswa termasuk prosedur penelitian belajar.
2.      Sintaks atau pola keseluruhan dan alur kegiatan pembelajaran.
3.      System pengelolaan dan lingkungan belajar model yang diperlukan agar kegiatan pembelajaran tertentu dapat berlangsung dengan berhasil.
2.Tujuan Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa
Para pakar teori belajar pada umumnya membedakan dua macam pengetahuan, yakni pengetahuan deklaratif dan pengetahuan procedural. Pengetahuan deklaratif adalah pengetahuan tentang sesuatu, sedangkan pengetahuan procedural adalah pengetahuan tentang bagaimana melakukan sesuatu (Kardi dan Nur 2000:4). Suatu contoh pengetahuan deklaratif misalnya konsep tekanan, yakni hasil bagi antara gaya (F) dan luas bidang benda yang dikenai gaya (A). jadi dapat ditulis secara matematis  p . pengetahuan procedural yang berkaitan dengan pengetahuan deklaratif di atas adalah bagaimana memperoleh rumus atau persamaan tentang konsep tekanan tersebut.
3.Sintaks atau Pola Keseluruhan dan Alur Kegiatan Pembelajaran
pada model pembelajaran langsung terdapat lima fase yang sangat penting. Guru mengawali pelajaran dengan pnjelasan tentang tujuan dan latar belakang pembelajaran, serta mempersiapkan siswa untuk menerima penjelasan guru.
Pengajaran langsung mmenurut Kardi (1997:3), dapat berbenuk ceramah, demontrasi, pelatihan atau praktik, dan kerja kelompok.
4.Lingkungan Belajar dan System Pengelolaan
Agar efektif pengajaran langsung mensyaratkan tiap detail keterampilan atai isi didefinisikan secara seksama dan demonstrasi serta jadwal pelatihan direncanakan dan dilakukan secara seksama (Kardi dan Nur 2000: 8). Menurut Kardi dan Nur (2000:8-9), meskipun tujuan pembelajaran dapat direncanakan bersama oleh guru dan siswa, model ini terutama berpusat pada guru.

5.Penelitian tentang Keefektifan Guru
Landasan penelitian dari nodel pengajaran langsung dan berbagai komponennya, berasal dari bermacam-macam bidang.
Penelitian stalling dan Kaskowitz dalam Arends, (2001:267) menunjukkan pentingnya waktu yang dialokasikan pada tugas (time on task). Stalling dan kolegannya ingin mengungkapkan, manakah diantara program-program itu yang dapat berfungsi baik dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Banyak hal yang dapat diungkapkan pada penelitian itu, namun ada dua hal yang sangat menonjol, yaitu alokasi waktu dan penggunaan tugas (kegiatan) yang menggunakan model pembelajaran langsung lebih berhasil dan memperoleh tingkat keterlibatan yang tinggi daripada mereka yang menggunakan metode-metode informal dan berpusat pada siswa.
B. PELAKSANAAN PENGAJARAN LANGSUNG
Ciri utama unik yang terlihat dalam melaksanakan suatu pengajaran langsung adalah sebagai berikut:
           1.      Tugas-tugas Perencanaan
Pengajaran langsung dapat diterapkan di bidang studi apapun, namun model ini paling sesuai untuk mata pelajaran yang berorientasi pada penampilan atau kinerja seperti menulis, membaca, matematika, music dan pendidikan jasmani. Di samping itu pengajaran langsung juga cocok untuk mengajarkan komponen-komponen keterampilan dari mata pelajaran sejarah dan sains.
           2.      Langkah-Langkah Pembelajaran Model Pengajaran Langsung

          Langkah-langkah pembelajaran model pengajaran langsung pada dasarnya mengikuti pola-pola
  •  pembelajaran secara umum. Menurut Kardi dan Nur (2000:27-43),langkah-langkah pengajaran langsung meliputi tahapan sebagai berikut:


a.       Menyampaikan tujuan dan menyiapkan siswa
b.      Menyampaikan tujuan
c.       Menyiapkan siswa
d.      Presentasi dan demonstrasi
e.       Mencapai kejelasan
f.       Melakukan demonstrasi
g.      Mencapai pemahaman dan penguasaan
h.      Berlatih
i.        Memberikan latihan terbimbing
j.        Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik 


jika menyertakan link aktif diaggap sepam