-->
Wednesday, August 28, 2013

proposal materi pelajaran bahasa indonesia SMA kelas XI

IKLAN
Menulis Proposal 

Suatu kegiatan yang akan dilaksanakan maka haruslah merancang segala sesuatu yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan atau proyek tersebut. setelah dibuat barulah diusulkan kepada pihak tertentu untuk mendapat tanggapan (persetujuan). dan usulan rancangan yang diusulkan itu dibuat secara tertulis dan hasilnya dinamakan proposal. 

Proposal juga perlu dibuat agar pihak yang menerima proposal mengetahui secara rinci mulai dari latar belakang (dasar pemikiran) dan sampai pada biaya pelaksanaan sehingga keputusan perlu tidaknya kegiatan ini dapat diambil. Agar tidak keliru dalam memberikan keputusan, pihak penerima proposal juga perlu mempelajari proposal tersebut dengan cermat.

dalam proposal juga harus diuraikan dengan jelas tentang apa yang direncanakan dan dibutuhkan, karena proposal bersifat memberitahukan disertai harapan dan permohonan, perlu dijelaskan secara rinci dan disertai dengan gambar, foto, jadwal kegiatan, dan hal lain yang dibutuhkan.
Menyusun proposal selain harus jelas, transparan, juga dibutuhkan ketelitian dan kecermatan, yaitu teliti dan cermat merumuskan masalah.

Tujuan Proposal

tujuan proposaladalah:
1. Untuk mendapatkan persetujuan
2. Untuk mendapatkan bantuan, baik berupa dana maupun sarana.

Dalam membuat proposal juga harus diperhatikan tujuan dan sasaran. perbedaan kepentingan dan sasaran berbeda pula bentuk proposalnya. proposal permohonan dana berbeda pula dengan proposal studi banding, meski dibuat oleh orang dan kelompok orang yang sama dan ditujukan kepada pihak yang sama pula.

Unsur-unsur Pembuatan Proposal

Unsur-unsur pembuatan proposal sebagai berikut:
1. Dasar pemikiran
2. Maksud dan tujuan
3. Kegiatan dan tema kegiatan 
4. Sasaran dan target kegiatan
5. Waktu dan tempat kegiatan
6. Jadwal pelaksanaan (program)
7. Peserta
8. Biaya yang diperlukan (Anggaran)
9. Penutup

Penggunaan Bahasa Proposal

Penggunaan Bahasa Proposal perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
1. Penempatan dan penggunaan bahasa yang tepat
2. Menghindari kalimat panjang dan bertele-tele
3. Penggunaan paragraf yang tepat
4. Penggunaan ejaan yang tepat.


jika menyertakan link aktif diaggap sepam