pembelajaran bahasa indonesia pada hakikatnya adalah berlajar berkomunikasi yang diarahkan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi dengan bahasa yang baik secara lisaan maupun tertulis. disebutkan juga bahasa indonesia adalah program untuk mengembangkan pengetahuan, ketrampilan berbahasa dan sikap positif pada bahasa indonesia (BPP: 1994:1).
dalam hal ini siswa diharapkan mampu memahami bahasa indonesia dari segala bentuk, makna dan fungsi, serta menggunakannya dengan tepat untuk bermacam-macam tujuan, keperluan maupun keadaan. Penggunaan bahasa indonesia, menyangkut lafal, dan penggunaan tanda baca, struktur bahasa, kosakata, paragraf dan wacana.
Pada umumnya kesalahan pada pelajaran bahasa indonesia adalah siswa kurang mampu menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar, khususnya pada penggunaan kalimat efektif dalam paragraf terjadi pada pilihan kata yang kurang tepat, kata-kata yang berlebihan, kata-kata yang diulang-ulang dan kurang berfariasinya kalimat yang digunakan dalam paragraf. hal ini mengisayaratkan bahwa pembelajaran bahasa indonesia pada peserta didik belum berhasil sepenuhnya, terutama dalam pemakaian kalimat efektif.
kondisi ini sangat memprihatinkan, dan inilah alasan yang mendorong penulis untuk meneliti upaya yang terus dilakukan untuk meningkatkan kemampuan menulis efektif dalam parahraf melalui pembelajaran terpadu pada para peserta didik.
jika menyertakan link aktif diaggap sepam