SEKOLAH
: SMA 13 Merangin
MATA
PELAJARAN :
Bahasa Indonesia
KELAS/SEMESTER : XI/1
ASPEK
PEMBELAJARAN :
MENULIS
Standar
Kopetensi :
4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk proposal, surat
dagang,karangan ilmiah
Kompetensi Dasar : 4.2 Menulis surat dagang
Alokasi Waktu :
4 x 45 menit (2 x pertemuan)
Tujuan : Siswa
mampu menulis beberapa jenis surat
dagang
Materi
Pokok Pembelajaran : Beberapa contoh surat niaga, a.l. surat
perjanjian jual
beli Jenis-jenis surat dagang Ciri-ciri surat dagang
Sistematika dan struktur isi
surat dagang
Metode
Pembelajaran
1. Presentasi
2. Diskusi
kelompok
3. Inquiri
4. Tanya
jawab
5. Penugasan
No
|
Indikator Pencapaian
Kopetensi
|
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
|
1
|
Mendaftar jenis surat niaga
|
·
Bersahabat/
komunikatif
·
Kreatif
|
·
Kepemimpinan
·
Keorisinilan
|
2
|
Menulis berbagai jenis surat
niaga sesuai dengan keperluan
|
||
3
|
Menjelaskan isi jenis-jenis surat
niaga
|
||
4
|
Memperbaiki surat surat niaga hasil tulisan teman berdasarkan
struktur kalimat dan EyD
|
SETRATEGI
PEMBELAJARAN
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Mengungkapkan
informasi dalam bentuk proposal, surat dagang, karangan ilmiah
|
· Beberapa contoh Ciri-ciri surat dagang
|
· Siswa dapat menulis beberapa jenis surat dagang
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Nilai Budaya Dan Karakter
Bangsa
|
PEMBUKA
(Apersepsi)
|
F
Siswa menanyakan
kepada siswa siapa yang orang
tuanya berdagang/berniaga. Kepada yang
bersangkutan, guru bertanya lebih lanjut bagaimana cara orang tua melakukan pengadaan dan pemasaran
barang-barang dagangannya.
Apakah dalam proses tersebut
terjadi proses surat menyurat.
F
Siswa diberi kesempatan untuk mengungkapkan
pengalaman nyata /pengetahuannya tentang surat menyurat dagang
F Guru menunjukkan beberapa contoh surat dagang/niaga yang pernah
diterima sekolah.
|
·
Bersahabat/
komunikatif
|
INTI
|
Pertemuan ke-1 ( 90’)
|
|
& Eksplorasi
F
Guru menjelaskan
peran penting surat menyurat dalam dunia bisnis
F Siswa mencermati sebuah
contoh surat dagang dan diminta untuk mengidentifikasi sistematika dan pokok-pokok isinya.
& Elaborasi
F
Siswa mencermati
bahasa (redaksional kalimat, diksi, gaya tuturan) surat dagang
F
Dengan
panduan Guru, siswa merumuskan sistematika, struktur isi, dan ragam bahasa
surat niaga.
F
Guru
menyebutkan dan menjelaskan jenis-jenis surat dagang
F
Siswa
mencermati contoh-contoh surat dagang yang disajikan di buku teks dan melalui
berdiskusi kelompok mengidentifikasi jenisnya
F Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompoknya di muka kelas dan ditanggapi oleh kelas
& Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
F
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal
yang belum diketahui.
|
·
Kreatif
|
|
Pertemuan ke-2 ( 90’)
|
|
|
& Eksplorasi
F
Siswa menulis
serangkaian surat dagang, mulai dari surat penawaran sampai pengajuan klaim.
F
Siswa
saling menukarkan dan mengedit surat hasil karangannya
& Elaborasi
F Siswa memperbaiki karangan
suratnya berdasarkan catatan hasil penyuntingan
teman
|
·
Kreatif
|
|
PENUTUP
(Internalisasi dan refleksi)
|
F
Siswa
menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting tentang surat niaga/dagang yang telah dipelajari
F Siswa diajak untuk merefleksikan nilai-nilai serta kecakapan hidup (live skill) yang
bisa dipetik dari pembelajaran
F Siswa didorong
untuk mempraktikkan kompetensi menulis surat dagang yang telah dikuasainya
untuk keperluan hidup sehari-hari
|
· Bersahabat/ komunikatif
|
SUMBER
BELAJAR
V
|
Pustaka rujukan
|
Mahir berbahasa
Indonesia SMA kelas XI Program IPA dan IPS. P.Tukan, S.Pd. Yudistira
|
V
|
Mediacetak dan elektronik
|
beberapa contoh (asli) surat
niaga/dagang
|
|
Website internet
|
|
|
Narasumber
|
|
|
Model peraga
|
|
|
Lingkungan
|
Lingkungan masyarakat sekitar siswa
|
PENNILAIAN
TEKNIK
DAN BENTUK
|
V
V
V
V
V
|
Tes Lisan
|
Tes
Tertulis
|
||
Observasi
Kinerja/Demontrasi
|
||
Tagihan
Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
|
||
Pengukuran
Sikap
|
||
|
Penilaian
diri
|
|
INSTRUMEN
/SOAL
|
Tugas untuk
mengidentifikasi jenis, sistematika dan struktur isi surat dagang.
Tugas untuk menulis
serangkaian surat dagang dengan
ketentuan atau pembatasan tertentu
Tugas untuk mengedit
dn memprebaiki surat dagang tulisan teman
Daftar pertanyaan Kuis
uji teori untuk mengukur pemahaman siswa atas konsep-konsep yang telah
dipelajari
|
|
RUBRIK/KRITERIA
PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
|
Rubrik penilaian tugas menulis surat dagang (terlampir di bawah)
|
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru
Mata Pelajaran
........................... ...................................
NIP./NIK. NIP./NIK.
jika menyertakan link aktif diaggap sepam