-->
Thursday, September 19, 2013

Perangkat Pembelajaran Surat dagang Bahasa Indonesia

IKLAN


SEKOLAH                            : SMA 13 Merangin
MATA PELAJARAN          : Bahasa Indonesia
KELAS/SEMESTER           : XI/1
ASPEK PEMBELAJARAN           : MENULIS
Standar Kopetensi                : 4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk  proposal, surat
  dagang,karangan ilmiah
Kompetensi Dasar                 : 4.2 Menulis surat dagang 
Alokasi Waktu                       : 4 x 45 menit (2 x pertemuan)

Tujuan : Siswa mampu  menulis beberapa jenis surat dagang
Materi Pokok Pembelajaran : Beberapa contoh surat niaga, a.l. surat perjanjian jual
                                                    beli Jenis-jenis surat dagang Ciri-ciri surat dagang
                                                    Sistematika dan struktur  isi  surat dagang 
Metode Pembelajaran
1.      Presentasi
2.      Diskusi kelompok
3.      Inquiri
4.      Tanya jawab
5.      Penugasan


No
Indikator Pencapaian Kopetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
1
Mendaftar jenis surat  niaga
·   Bersahabat/ komunikatif
·   Kreatif

·      Kepemimpinan
·      Keorisinilan
2
Menulis berbagai jenis surat niaga    sesuai dengan  keperluan
3
Menjelaskan isi  jenis-jenis surat niaga  
4

Memperbaiki  surat  surat niaga hasil tulisan teman berdasarkan struktur kalimat dan EyD











SETRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·      Mengungkapkan informasi dalam bentuk  proposal, surat dagang, karangan ilmiah
·     Beberapa contoh Ciri-ciri surat dagang 
·     Siswa dapat menulis beberapa jenis surat dagang

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
PEMBUKA
(Apersepsi)
F  Siswa menanyakan kepada siswa siapa  yang orang tuanya  berdagang/berniaga. Kepada yang bersangkutan, guru bertanya lebih lanjut bagaimana cara orang tua  melakukan pengadaan dan  pemasaran  barang-barang dagangannya.  Apakah dalam proses tersebut    terjadi proses surat menyurat.
F  Siswa  diberi kesempatan untuk mengungkapkan pengalaman nyata /pengetahuannya tentang surat menyurat dagang
F  Guru menunjukkan beberapa  contoh surat dagang/niaga yang pernah diterima sekolah. 

·   Bersahabat/ komunikatif



INTI
Pertemuan ke-1 ( 90’) 

& Eksplorasi
F  Guru menjelaskan peran penting surat menyurat dalam dunia bisnis
F  Siswa mencermati sebuah contoh   surat dagang dan diminta untuk mengidentifikasi sistematika dan pokok-pokok isinya.
& Elaborasi
F  Siswa  mencermati  bahasa (redaksional kalimat, diksi, gaya tuturan) surat dagang
F  Dengan panduan Guru, siswa merumuskan sistematika, struktur isi, dan ragam bahasa surat niaga.
F  Guru menyebutkan dan menjelaskan jenis-jenis surat dagang
F  Siswa mencermati contoh-contoh surat dagang yang disajikan di buku teks dan melalui berdiskusi kelompok mengidentifikasi jenisnya
F  Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompoknya di muka kelas dan ditanggapi oleh kelas
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
·   Kreatif

Pertemuan ke-2   ( 90’)

& Eksplorasi
F  Siswa menulis serangkaian surat dagang, mulai dari surat penawaran sampai pengajuan klaim.
F  Siswa saling menukarkan dan mengedit surat hasil karangannya 
& Elaborasi
F  Siswa memperbaiki karangan suratnya berdasarkan catatan hasil penyuntingan teman 

·   Kreatif
PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)

F  Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting   tentang surat niaga/dagang yang telah dipelajari
F  Siswa  diajak untuk  merefleksikan nilai-nilai  serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran
F  Siswa didorong untuk mempraktikkan kompetensi menulis surat dagang yang telah dikuasainya untuk keperluan hidup sehari-hari          
·   Bersahabat/ komunikatif

SUMBER BELAJAR
V
Pustaka rujukan
Mahir berbahasa Indonesia SMA kelas XI Program IPA dan IPS. P.Tukan, S.Pd. Yudistira
V
Mediacetak dan elektronik
beberapa  contoh (asli) surat niaga/dagang

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan
Lingkungan   masyarakat  sekitar siswa



PENNILAIAN



TEKNIK DAN BENTUK
V
V
V
V
V
Tes  Lisan
Tes Tertulis 
Observasi Kinerja/Demontrasi
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
Pengukuran Sikap

Penilaian diri

INSTRUMEN /SOAL


Tugas untuk mengidentifikasi jenis, sistematika dan struktur isi surat dagang.
Tugas untuk menulis serangkaian surat dagang  dengan ketentuan atau pembatasan tertentu
Tugas untuk mengedit dn memprebaiki surat dagang tulisan teman
Daftar pertanyaan Kuis uji teori untuk mengukur pemahaman siswa atas konsep-konsep yang telah dipelajari

RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI

Rubrik penilaian tugas menulis   surat dagang (terlampir di bawah)

                                                                                                ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA                                                                    Guru Mata Pelajaran



...........................                                                                     ...................................
NIP./NIK.                                                                                NIP./NIK.


jika menyertakan link aktif diaggap sepam