-->
Tuesday, September 24, 2013

Rumus Membaca Cepat Bahasa Indonesia

IKLAN
 Hi sahab yang masih setia pada blog "Informasi" pada seksempatan kali ini blog ini akan mengulas tentang "Rumus Membaca Cepat" materi ini diajarkan pada pelajaran bahasa indonesia untuk SMA kelas X, jadi meteri ini sangat berguna bagi siswa yang ingin memngetahui seberapa cepat kemampuan membacanya di sini ada rumus yang biasa dijadikan acuan untuk membaca cepat, uuntuk mengetahuinya  selamat menyimak.

langsung saja kita bahas materi kita kali ini,
Inti dalam membaca cepat, yaitu Menemukan gagasan utama dari suatu bacaan dengan membaca cepat dan mengungkapkan serta membahasnya. Setiap orang mempunyai kecepatan dan kecerdasan yang berbeda-beda.
Adakalanya mempunyai kecepatan membaca 150kpm (kata per menit). Ada juga yang 200-500 kpm. Emua itu dengan pemahaman 70%. Untuk menghitung kecepatan seseorang dalam membaca gunakan rumus dasar di bawah ini!

jumlah kata yang dibaca/jumlah detik yang dibaca x 60 = jumlah kpm
Misalnya: anda membaca 1.600 kata. Waktu yang digunakan 200 detik, maka kecepatannya
1600/200 x 60 = 8 x 60 = 480 kpm.


Untuk menghitung jumlah kata dalam bacaan caranya hitunglah jumlah kata dalam lima baris. Jumlah kata dibagi lima. Hasilnya adalah rata-rata per baris. Kemudian hitunglah jumlah baris yang and abaca dan kalikan rata-rata.
Misalnya:
Jumlah kata per baris rata-rata 10
Jumlah baris yang dibaca 60
Jumlah kata yang dibaca: 10 x 60 = 600 kata

Nah cukup samapai disini pembahasan yang bisa saya berikan dan semoga bermanfaat untuk sobat-sobat semua salam sukses...

jika menyertakan link aktif diaggap sepam