-->
Sunday, March 16, 2014

Teori Model Pembelajaran Cooperatif Learning

IKLAN
Sebagai model pembelajaran yang sistematis yang mengelompokkan siswa untuk menciptakan peningkatan pembelajaran pembelajaran yang efektif, Cooperatif Learning mengintegrasikan keterampilan sosial yang bermuatan akademis. Davidson dan Warsham (2003) mengemukakan, Cooperatif Learning adalah kegiatan belajar mengajar secara kelompok-kelompok kecil. siswa belajar dan bekerja sama untuk sampai pada pengalaman belajar yang optimal, baik pengalaman individu maupun pengalaman kelompok. Karena itu, Cooperatif Learning disasarkan pada teori-teori perkembangan kognitif, perlakuan, dan persandaran sosial.

Teori yang diperbincangkan dalam kajian ini melibatkan perspektif, sikap, motivasi, kemampuan berfikir kritis, memiliki keterampilan sosial serta mampu menyelasaikan masalah yang dinyatakan Slavun (1980), yaitu pemberian ganjaran dapat memberi perangsang kepada pelajar-pelajar untuk bekerja sama dalam kumpulan-kumpulan belajar.

Ide dari teori ini siswa aktif mambangun pengetahuannya sendiri.Otak pelajar dianggap sebagai mediator yang menerima masukan dari dunia luar dan menentukan apa akan dipelajari (Astuti, 2000). Menurut Soedjadi (1999) pengembangan kontruktivisme dalam dalam pembelajaran adalah pendekatan dimana siswa secara individual menemukan dan mentransformasikan informasi yang kompleks, memeriksa dengan aturan yang ada dan merefisinya jika perlu.

jika menyertakan link aktif diaggap sepam