A.RUANG LINGKUP PENGAJARAN
LANGSUNG
Pengajaran
langsung adalah suatu model pengajaran yang bersifat teacher center. Menurut Arends (1997), model pengajaran langsung
adalah salah satu pendekatan mengajar yang dirancang khusus untuk menunjang
proses belajar siswa yang berkaitan dengan pengetahuan deklaratif dan
pengetahuan procedural yang terstruktur dengan baik yang dapat diajarkan dengan
pola kegiatanyang bertahap, selangkah demi selangkah.
Ciri-ciri
model pengajaran langsung dalam (Kardi dan Nur, 2000: 3) adalah sebagai
berikut:
1. Adanya
tujuan pembelajaran dan pengaruh model pada siswa termasuk prosedur penelitian
belajar.
2. Sintaks
atau pola keseluruhan dan alur kegiatan pembelajaran.
3. System
pengelolaan dan lingkungan belajar model yang diperlukan agar kegiatan
pembelajaran tertentu dapat berlangsung dengan berhasil.
2.Tujuan
Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa
Para
pakar teori belajar pada umumnya membedakan dua macam pengetahuan, yakni
pengetahuan deklaratif dan pengetahuan procedural. Pengetahuan deklaratif
adalah pengetahuan tentang sesuatu, sedangkan pengetahuan procedural adalah
pengetahuan tentang bagaimana melakukan sesuatu (Kardi dan Nur 2000:4). Suatu
contoh pengetahuan deklaratif misalnya konsep tekanan, yakni hasil bagi antara
gaya (F) dan luas bidang benda yang dikenai gaya (A). jadi dapat ditulis secara
matematis p .
pengetahuan procedural yang berkaitan dengan pengetahuan deklaratif di atas
adalah bagaimana memperoleh rumus atau persamaan tentang konsep tekanan
tersebut.
3.Sintaks
atau Pola Keseluruhan dan Alur Kegiatan Pembelajaran
pada model pembelajaran
langsung terdapat lima fase yang sangat penting. Guru mengawali pelajaran
dengan pnjelasan tentang tujuan dan latar belakang pembelajaran, serta mempersiapkan
siswa untuk menerima penjelasan guru.
Pengajaran langsung
mmenurut Kardi (1997:3), dapat berbenuk ceramah, demontrasi, pelatihan atau
praktik, dan kerja kelompok.
4.Lingkungan
Belajar dan System Pengelolaan
Agar
efektif pengajaran langsung mensyaratkan tiap detail keterampilan atai isi
didefinisikan secara seksama dan demonstrasi serta jadwal pelatihan
direncanakan dan dilakukan secara seksama (Kardi dan Nur 2000: 8). Menurut
Kardi dan Nur (2000:8-9), meskipun tujuan pembelajaran dapat direncanakan
bersama oleh guru dan siswa, model ini terutama berpusat pada guru.
5.Penelitian
tentang Keefektifan Guru
Landasan
penelitian dari nodel pengajaran langsung dan berbagai komponennya, berasal
dari bermacam-macam bidang.
Penelitian
stalling dan Kaskowitz dalam Arends, (2001:267) menunjukkan pentingnya waktu
yang dialokasikan pada tugas (time on
task). Stalling dan kolegannya ingin mengungkapkan, manakah diantara
program-program itu yang dapat berfungsi baik dalam meningkatkan hasil belajar
siswa. Banyak hal yang dapat diungkapkan pada penelitian itu, namun ada dua hal
yang sangat menonjol, yaitu alokasi waktu dan penggunaan tugas (kegiatan) yang
menggunakan model pembelajaran langsung lebih berhasil dan memperoleh tingkat keterlibatan
yang tinggi daripada mereka yang menggunakan metode-metode informal dan
berpusat pada siswa.
B. PELAKSANAAN PENGAJARAN LANGSUNG
Ciri utama unik yang terlihat dalam
melaksanakan suatu pengajaran langsung adalah sebagai berikut:
1.
Tugas-tugas
Perencanaan
Pengajaran
langsung dapat diterapkan di bidang studi apapun, namun model ini paling sesuai
untuk mata pelajaran yang berorientasi pada penampilan atau kinerja seperti
menulis, membaca, matematika, music dan pendidikan jasmani. Di samping itu
pengajaran langsung juga cocok untuk mengajarkan komponen-komponen keterampilan
dari mata pelajaran sejarah dan sains.
2.
Langkah-Langkah
Pembelajaran Model Pengajaran Langsung
Langkah-langkah pembelajaran
model pengajaran langsung pada dasarnya mengikuti pola-pola
- pembelajaran secara umum. Menurut Kardi dan Nur (2000:27-43),langkah-langkah pengajaran langsung meliputi tahapan sebagai berikut:
a. Menyampaikan
tujuan dan menyiapkan siswa
b. Menyampaikan
tujuan
c. Menyiapkan
siswa
d. Presentasi
dan demonstrasi
e. Mencapai
kejelasan
f. Melakukan
demonstrasi
g. Mencapai
pemahaman dan penguasaan
h. Berlatih
i.
Memberikan latihan terbimbing
j.
Mengecek pemahaman dan memberikan
umpan balik
jika menyertakan link aktif diaggap sepam