-->
Saturday, June 29, 2013

laporan magang jurnalistik

IKLAN

LAPORAN PRAKTIK JURNALISTIK
MENINGKATKAN KEMAMPUAN SEBAGAI SEORANG JURNALISTIK DALAM MENCARI DAN MENULIS BERITA
 PEMASARAN, PERIKLANAN DAN LAY OUT
TAHUN AJARAN 2012/2013


Bambang Hermanto
NPM. 10020211026


Di Ajukan untuk Memenuhi Program Matakuliah
Jurnalistik

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
YAYASAN PENDIDIKAN MERANGIN
KOORDINASI PERGURUAN TINGGI WILAYAH X PADANG
TAHUN 2012/2013

KATA PENGANTAR
Puji syukur kepada Allah Swt. Yang telah memberikan kesehatan kepada kami, yaitu untuk menyelesaikan tugas praktek kerja lapangan (PKL) jurnalistik. Dalam penyusunan yang kami lakukan yang pertama, mengobservasi tepat atau lapangan dimana tempat kami praktek, yang kedua kegiatan yang kami lakukan, mempperkenalkan diri kami kepada pihak atau kariawan Radar Bute dan sekaligus membagi klompok menjadi empat klompok yang akan dibentuk system rolling.
Dalam laporan ini penulis juga minta maaf apabila dalam penyusunan atau penulisan laporan ini banyak kekurangan, karena penulis sadar bahwa dalam praktek ini penulis juga masih belajar dan masih banyak lagi kekurangan-kekurangan yang ada pada kami.
Dalam laporan ini penulis tidak lupa  mengucapkan terimakasih kepada Bapak Fauzi selaku pimpinan Harian Pagi Radar Bute, Bapak Syafi’i selaku Pimpinan Redaksi, Bapak Ari Widodo selaku Menajer Iklan, Bapak Fitri Yadi selaku Pimpinan Perusahaan, dan tak lupa kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan laporan praktek kerja lapangan (PKL) ini.
Laporan jurnalistik ini juga berguna bagi mahasiswa untuk bekal masa mendatang sebagai seorang guru. Kami berharap laporan kami dapat membantu dalam mempelajari ataupun memahami tata cara sebagai  seorang jurnalis. Khususnya bagi penulis dan umumnya bagi para pembaca.







                                                                             Bangko            Maret 2013
                                                                            
                                                                                         Penulis


DAFTAR ISI

A.    HALAMAN JUDUL........................................................................................... i
B.     HALAMAN PENGEASAHAN......................................................................... ii
C.    KATA PENGANTAR........................................................................................ iii
D.    DAFTAR ISI........................................................................................................ iv
BAB I PPENDAHULUAN....................................................................................... 1
BAB II DESKRIPSI TEMPAT LATIHAN........................................................... 3
A.    Gambaran umum tentang lingkungan dan fasilitas kantor............................. 3
B.     pengelolaannya media massa.............................................................................. 4
C.    Sistem Kerja......................................................................................................... 4
BAB III PELAKSANAAN PROGRAM................................................................ 7
A.    Keiatan yang dilaksanakan................................................................................. 7
B.     Permasalahan yang ditemui................................................................................ 8
C.    Pemecahannya...................................................................................................... 9
Bab IV Penutup......................................................................................................... 11
A.    Kesimpulan...........................................................................................................
DAFTAR PUSTAKA
A.    Program kerja......................................................................................................
B.     Daftar hadir..........................................................................................................
C.    Jadwal kegiatan....................................................................................................
D.    Foto kegiatan........................................................................................................




BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang MAasalah
Secara harfiah, Jurnalistik (Journalistic) artinya kewartawanan atau hal-ihwal pemberitaan. Haris Sumadiria, pengertian secara teknis, Jurnalistik adalah kegiatan menyiapkan, mencari, mengumpulkan, mengolah, menyajikan, dan menyebarkan berita melalui media berkala kepada khalayak seluas-luasnya dengan secepat-cepatnya.
Kegiatan praktik Jurnalistik dilaksanakan berdasarkan pada beberapa dasar hukum diantaranya:
1.      Undang-Undang nomor 20 tahun tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2.      Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 19 tahun 2005 tentang Setandar Nasional Pendidikan.
3.      Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 37 tahun 2009 tentang Dosen.
4.      Keputusan Menteri Koordinator Pengawasan, Pembangunan dan Pendayagunaan Aparatur Negara nomor 38/kep/ MK. Waspan/8/1999 tentang jabatan Fungsional Dosen dan Angka Kreditnya.
5.      Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI nomor 184/U/2001 tentang Pedoman Pengawasan Pengendalian dan Pembinaan Program Studi Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana di Perguruan Tinggi.
6.      Keputusan Menkumhan Republik Indonesia nomor AHU/2832.A.H.01.04  tahun 2010 tanggal 15 Juli tentang Pengesahan Yayasan.

1
7.      Keputusan Derektorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional RI nomor 48/DJ/Kep/1983 tentang Beban Tugas Tenaga Pengajar pada Perguruan Tinggi.
8.      Keputusan Derektorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional RI nomor 34/DIKTI/Kep/2002 tentang Evaluasi Kelayakan Penyelenggaraan Program Studi atas Dasar Evaluasi Diri.
Dalam sebuah media massa tidak bisa terpisah dari masalah periklanan, dan pemasaran, karena tanpa adanya periklanan perusahaan tidak akan berjalan, iklan tanpa perusahaan juga tidak berjalan, begitupun dengan pemberitaan juga menarik, maka pemasaranpun akan menjadi mudah dan Koran yang di pasarkan akan banyak diminati oleh masyarakat.
Dalam hal ini penulis melaporkan dalam praktek jurnalisti ini kami benar-benar dituntut untuk terjun langsung ke lapangan, adapun kegiatan kami di lapangan, diminta untuk ikut dalam proses wawancara oleh pamong. Dalam pengambilan beritapun kami juga harus ikut dalam mencatatnya supaya kami juga mendapatkan informasi dari narasumber. Kegiatan kami di dalam praktek jurnalistik ini di bagi menjadi empat klompok dengan sistem rolling, setelah satu minggu sekali dilakukan pergantian tugas dan seterusnya.
Adapun tujuan penyusunan laporan untuk mencapai tujuan. Pertama, dengan adanya kegiatan ini dapat dijadikan ajang pembinaan dan pelatihan mahasiswa agar dapat berperan menjadi tenaga kependidikan yang mampu mengelola media sekolah pada saat dibutuhkan. Kedua, melatih mahasiswa untuk berperan serta dalam kegiatan jurnalistik.


BAB II
DESKRIPSI TEMPAT LATIHAN
A.    Gambaran umum Lingkungan Kantor
Harian Pagi Radar Bute merupakan salah satu Koran lokal yang aktif di Kabupaten Muara Bungo saat ini. Radar Bute merupaqkan bagian dari Jawa Pos Group. Radar Bute berdiri pada tanggal 20 november 2006. Kontor pusat: Jl. Sultan Thaha No. 3-C Muara Bungo. Telp. (0747) 323686-323340 email: radarbute@yahoo.co.id. Kantor Radar Bute permanen, bentuk bangunan berbentuk memanjang. Di samping itu Harian Radar Bute Muara Bungo telah dikenal oleh khalayak umum khususnya masyarakat Kabupaten Muara Bungo. Setelah 6 tahun berdiri Radar Bute telah banyak melahirkan karya maupun membuat kegiatan yang bermamfaat bagi masyarakat Kabupaten Bungo dan sekitarnya. Salah satu diantaranya seperti jalan sehat, seminar gadai emas, lomba mewarnai antar TK, SD Sekabupaten Bungo dll. Selain itu dalam karyanya Radar Bute akan selalu membuat trobosan baru yang bermamfaat bagi kapentingan umum seperti kegiatan Try Aut Akbar tingkat SMA Sekabupaten Muara Bungo yang digelar tangal 10 maret 2013.
Sistem kerja jurnalistik sesuai dengan fungsinya sebagai media yang memberikan informasi kedapa khalayak umum baik positif maupun negatif dari informasi yang diproleh. Tiap informasi yang didapat melalui masyarakat seperti kulitatif dalam bentuk wawancara pada narasumber, observasi, konferensi pers, pers relase, dan naskah-naskah dari pihak terkait seperti informasi penidikan, jumlah objek wisata, jumlah hotel, jumlah panti pijat dll.
Semua naskah yang diproleh atas izin pihak terkait tanpa menambah dan mengurangi informasi dalam teks tersebut.
Adapun fasilitas yang ada dalam kantor harian pagi Radar Bute yaitu peralatan untuk mengetik berita dengan menggunakan computer yang langsung di hubungkan dengan jaringan internet, kegunaan internet dalam kantor yaitu untuk sebuah panduan, untuk mengirim berita dari dari kariawan Radar Bute yang ditempatkan di luar kabupaten Muara Bungo. Di dalam Kantor juga dilengkapi dengan AC, lemari untuk berkas-berkas penting, Mobil untuk tranfortasi percetakan dll.

B.     Sistem Pengelolaan Media Massa
Sistem pengelolaan media massa yang terdapat pada kantor Harian Pagi Radar Bute yaitu:
Dengan menggunakan beberapa ketentuan yang sudah ditetapkan oleh pihak Radar Bute sendiri, seperti pengelolaan informasi dan data-data yang diperoleh dari peliputan berita, internet, narasumber, sering dengan rekan kerja kemudian ditulis dengan menggunakan bahasa jurnalistik yang baik  tanpa melupakan dasar kode etik jurnalistik.
C.    Sistem Kerja
Sistem kerja yang biasa dijalankan dari pihak kantor Harian Pagi Radar Bute sendiri ada empat yaitu:
1.      Redaksi
Redaksi adalah bagian peliputan atau mencari berita yang dilakukan oleh para wartawan, dari mulai mencari, menyimpan, menulis dan memberitakannya kepada masyarakat.
2.      Periklanan
Periklanan adalah bagian iklan yang mana pekerjaan ini biasa dilakukan oleh staf iklan yang tugasnya khusus mencari iklan, mulai dari toko-toko, sorum motor, sorum mobil, penjualan tanah, kantor dinas, sampai ke kantor Bupati. Pengeditan pemasangan iklan dilakukan oleh pendesain iklan.
3.      Pemasaran/Promosi
Pemasaran adalah pekerjaan memasarkan Koran yang telah di terbitkan pada pagi harinya dalam pemasaran ini ada bagian-bagiannya yaitu:
a.       Loper Koran yang tugasnya mengantar Koran kepada agen-agen yang mau memasarkan atau menjual Koran kepada masyarakat, dalam pemasaran ini tidak hanya di lingkungan kabupaten Muara Bungo saja, namun juga disebar ke tempat-tempat yang banyak pelanggannya, Kuamang kuning 1 SPA, Kabupaten Tebo, Rombo Bujang, Kabupaten Merangin dll.
b.      Penagihan
Penagihan biasanya dilakukan setiap sebulan sekali yang dilakukan oleh staf kolektor.
4.      Pracetak/Lay Out
Pracetak atau layout yaitu bagian kerja jurnalis yang mengatur data yang telah diolah pihak jurnalis kedalam kolam Koran dan dipisah sesuai bagian berita.Bagian berita tersebut ada yang disebut berita kriminal, pendidikan, metropolis, iklan, refresh, lintas jambi, society, lintas kecamatan, tebo-rimbo, modus operandi, edukasia, olahraga, sambungan, dan inforial bisnis. Tiap bagian berita memiliki fungsi dan dan arti tersendiri bagi pembaca dan wartawan khususnya dalam melakoni tugas jurnalis. Dan tiap bagian tersebut ditempatkan pada nomor halaman tertentu, seperti berita kriminal terdapat pada posisi utama, refresh halaman 2, metropolis halaman 3, lintas jambi halaman 4, society halaman 5, lintas kecamatan halaman 6, tebo-rimbo halaman 7, modus operandi halaman 8, edukasia halaman 9, olahraga halaman 10, sambungan halaman 11, dan inforial bisnis halaman 12.


1)      Cetakan tanggal 27 februari 2013 berisi tentang:
14 rio Limbur Ancam Mogok
Bakal segel kantor camat dan pindah ke damasraya
RIMBO TENGAH-Empat belas rio di kecematan limbur lubuk menkuang mengancam akan mogok kerja. Ancaman yang dilayangkan ke pemkab bungo tersebut, belum adanya realisasi listrik masuk kecamatan terjatuh dibumi langkah serentak lambai seayun.
Ratusan Warga Padukun Padti PN Bungo
MUARABUNGO-Kelanjutan siding bentrok berdarah antara dusun padukun dengan lubuk niar, kecematan tanah tumbuh terus menyia perhatian masyarakat. Kelanjutan siding etrhadap dua tersangka romi dan zulfahmi kemarin (26/2), dihari ratusan warga padukun.
2)      9 Parpol Kompak Lawan PAN
Soal Status Bungo Dani
MUARABUNGO-Sembilan Partai Politik (Parpol) Peserta Pemilihan Umum (pemilu) 2014 di bungo kemaren (27/2), kompak bersebrangan dengan Paratai Amanat Nasional (PAN).
1 Kilogram Ganja Diamankan
3 Diduga Bandar Kurir dan Pemakai Ikut Ditangkap
MUARABUNGO-Jajaran polsek kota muarabungo selasa (27/2), berhasil mengamankan 1 kilogram (kg) daun ganja kering. Sekaligus Polisi membekuk tiga pelaku, Winarso (24) sebagai bandar, Rona (21) sebagai kurir dan Safarudin (21).



A.    Kegiatan Yang Dilaksanakan
Kegiatan praktek jurnalistik dimulai pada tanggal  8/02/2013 dilaksanakan di Kantor Harian Pagi Radar Bute  yang beralamat di Jalan. Sultan Thaha No. 3-C Muara Bungo. Telp. (0747) 323686-323340 email: radarbute@yahoo.co.id
Dalam pelaksanaan kegiatan praktek jurnalistik dilakukan di sekitar Ma. Bungo dengan pelaksanaan kerja sebagai Wartawan, Lay Out, Iklan, Pemasaran.
Sebelum melakukan peliputan dan pencarian berita pada malam harinya diadakan rapat proyeksi terlebih dahulu pada pukul 19.00 wib sampai dengan selesai, dalam rapat tersebut membahas berita apa yang akan di diliput yang dipimpin oleh pimpinan Redaksi yaitu, bapak Safi’i Sarkawi S.Pd.I dan para wartawan serta para mahasiswa dan mahasiswi praktek dan setelah ditetapkan motif atau berita yang yang akan diliput maka parawartawan melanjutkan lagi dalam mengedit berita yang akan diterbitkan besok paginya. Pada pagi harinya parawartawan dan mahasiswa magang memulai kegiatannya dalam mencari/peliputan berita yang akan diterbitkan besok paginya lagi dan seterusnya. Parawartawan dan parapeserta magang mulai berkumpula kembali  pada pukul 15.00 wib. Pada pukul 15.00 wib ini dilakukan rapat mengenai berita yang didapatkan pada hari itu sampai dengan selesai.
Dalam kegiatan  Lay  Out yang di pimpin oleh bapak Robi Satria dimulai pada pukul 18.00 wib para mahasiswa magang diwajibkan sudah harus sampai di kantor, mahasiswa magang mengikuti kegiatan ini  sampai dengan 24.00 wib, bagi yang laki-laki namun bagi yang perempuan hanya sampai pukul 22.00 wib adapun kegiatan yang dilakukan parapeserta magang diberikannya pengetahuan tentang bagaimana mendesain Koran, mendesain iklan. Selanjutnya kegiatan periklanan yang di pimpin oleh bapak Ari Widodo, M.E. kegiatan dimulai  pada pukul 09.00 sampai dengan pukul 17.00, ikut dalam pencarian iklan, pada saat itulah kami diajarkannya bagaimana cara melobi seseorang agar memasang iklan di Koran Harian Pagi Radar Bute. Selanjutnya penulis akan menjelaskan tentang  kegiatan  pemasaran bagaimana sebenarnya kerja menjadi pemasaran, dalam hal ini dipimpin langsung oleh Pimpinan Perusahaan Bpk. Fitriadi, M.M kegiatan ini dimulai pada jam 09.00 sampai  dengan pukul 17.00 wib, dalam proses kegiatan ini pada pagi harinya staf loper mengantar Koran untuk dijual para agen pada masyarakat, kemudian kegiatan dilakukan dengan mendatangi agen-agen untuk mengecek Koran apakah sudah dikirim apa belum Koran pagi itu,  dalam kegiatan pemasaran juga ada staf penagiahan hasil penjualan koran bulan lalu, dalam kegiatan penagihan ini dipimpin langsung oleh pamong kami Bapak Dian.

B.     Permasalahan yang Ditemui dan Pemecahanya
Permasalah yang di temui penulis ketika melakukan praktek kerja lapangan ini adalah sebagai berikut:
a.       Pada bagian redaksi banyak sekali permasalah-permasalah yang kami temui, mulai dari permasalah pencariaan berita, wawancara pada narasumber, pengambilan berita, dan penulisannya penulis masih bingung kalau tanpa adanya pembinaan dari pamong. Mengenai permasalahan-permasalahan ini penulis melakukan sharing bersama pamong tentang masalah-masalah yang tidak penulis mengerti.
b.      Pada bagian Lay Out permasalahan yang penulis temui yaitu: selama kuliah kami tidak ada pelajaran mendesain, jadi waktu kegiatan Lay Out kami merasa bingung karna baru pertama kalinya penulis mengetahuinya, dalam hal ini kami harus banyak bertanya kepada pracetak agar kami mengetahui bagaimana cara-cara mengoprasikannya. Program yang digunakan untuk mendesain menggunakan ID Desain CS3.
c.       Permasalah pada kegiatan periklanan, dalam hal ini mencari iklan bukanlah hal yang mudah seperti yang kita kira sekali datang langsung diterima, dalam hal ini harus pintar melobi supaya pengiklan tertarik untuk memasang iklan di Koran Harian Pagi Radar Bute.




BAB IV
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Kegiatan pelaksanaan praktek jurnalistik yang telah di laksanakan ,dan dilakukan oleh penulis di kantor media cetak Radar Bute Ma. Bungo,maka penulis dapat meyimpulkan bahwa harian pagi Radar Bute merupakan Koran lokal  yang masih aktif dengan konsep media massa cetak yang kritis dan informatif.
Adapun saran-saran yang disampaikan oleh pihak Radar Bute kepada mahasiswa magang yaitu: mengucapkan banyak trimakasih kepada pihak STKIP yang telah memberikan kepercayaan kepada kantor Harian Pagi Radar Bute menjadi tempat magang. Dari pihak Radar Bute juga memberikan saran kalau setelah lulus kuliah bagi yang berminat bekerja menjadi wartawan di Radar Bute maka pihak Radar Bute akan menerimanya dengan senanghati.
            Dari mahasiswa juga mengucapkan banyak terimakasih kepada pihak Radar Bute yang telah memberikan izin untuk menjadikan Kantor Harian Pagi Radar Bute sebagai ajang untuk mengembangkan pengetahuan tentang jurnalistik, pemasaran, periklanan, lay out. Kami juga minta maaf apabila selama kegiatan yang kami lakukan tidak sesuai yang diharapkan oleh pihak Radar Bute sendiri, karena status kami di Radar Bute masih tahap belajar. 
            Dari pihak panitia juga mengucapkan terimakasih banyak kepada perusahaan yang telah menerima mahasiswanya di Harian Pagi Radar Bute. Panitia juga meminta maaf apabila ada mahasiswanya yang kurang mengenakkan baik tingkah laku maupun kepribadiannya yang mungkin kelihatan kurang disiplin dll.









jika menyertakan link aktif diaggap sepam