-->
Thursday, July 18, 2013

Pengertian Penelitian Tindakan Kelas

IKLAN
penelitian tindakan kelas berasal dan istilah bahasa inggris Classroom Action Research, yang berarti menelitian yang dilakukan pada sebuah kelas untuk mengetahui akibat tindakan yang diterapkan pada suatu subyek penelitian di kelas tersebut. pertama kali penelitian tindakan kelas ini titerapkan Oleh ahli Psikologi sosial Amerika Serikat Kurt Lewin pada tahun 1946, yang selanjutnya dikembangkan oleh Stephen Kammis, Robin Mc Taggart, Dll.

Secara lebih luas penelitian tindakan diartikan sebagai penelitian yang berorientasi pada penerapan tindakan dengan tujuan peneingkatan mutu atau pemecahan masalah atau sekelompok subyek yang diteliti dan mengamati tingkat keberhasilan atau akibat tindakannya, untuk kemudian diberikan tindakan lanjutan yang bersifat penyempurnaan tindakan atau penyesuaian dengan kondisi sebagaimana dikemukakan Kemmis dan Mc. Taggart (1992).

       action research ia a form of colletive self reflective enquiri understaken by partisipants in social situation in order to improve the rationality and justice of their own sicial or educational practise, of well as their understanding of these practices and the situations in which these practices carried out.

Berdasarkan definisi di atas merujuk pada suatu pengertian, bahwa penelitian tindakan merupakan salah satu bentuk penelitian kualitatif yang dilakukan oleh seseorang secara individual atau kolektif, yang bertujuan untuk mengubah atau memperbaiki berbagai hal tentang permasalahan yang mendesak dalam suatu komunitas atau kelompok terebut.


jika menyertakan link aktif diaggap sepam