-->
Thursday, October 31, 2013

Tipe Pembelajaran Kooperatif Model STAD

IKLAN
Pada dasarnya model pembelajaran kooperatif tidak berubah, tetapi ada beberapa variasi dari model tersebut.

1. student Team Achievemen Division (STAD)
Merupakan pendekatan kooperatif yang paling sederhana. sTAD mengacu kepada belajar kelompok siswa, menyajikan informasi akademik baru kepada siswa setiap minggu menggunakan presentasi verbal atau teks. Siswa dalam suatu kelas tertentu dipecah menjadi kelompok dengan anggota 4-5 orang, setiap kelompok haruslah heterogen, terdiri dari laki-laki dan perempuan berasal dari berbagai suku, memiliki kemampuan tinggi, sedang, rendah.

Anggota tim menggunakan lembar kegiatan atau perangkat pembelajaran yang lain untuk menuntaskan materi pelajarannya dan kemudian saling membantu satu sama lain untuk memahami bahan pelajaran melalui tutorial, kuis, dan melakukan diskusi satu sama lain.

Secara individual, setiap minggu atau setiap dua minggu siswa dibrikan kuis. Kuis itu diberikan untuk dijadikan alat untuk mengukur perkembangan belajar siswa. Skor perkembangan pengembangan ini tidak berdasarkan pada skor mutlak siswa, tetapi lebih berdasarkan kepada seberapa jauh sekor tersebut melampoi rata-rata skor siswa yang lalu....

Sampai disini tentang model pembelajaran sTAD semoga bermanfaat untuk anda amiinnn.....

jika menyertakan link aktif diaggap sepam