-->
Thursday, November 7, 2013

Resep dan Cara Membuat Dodol Lezat

IKLAN
Dodol merupakan makanan khas indonesia, yang dibuat dengan keahlian dan ketrampilan tangan indonesia. Dodol ini biasanya bayak kita jumpai di daerah minang kabau, karena di daerah minang kabau sangat banyak sekali ketampilan dan keahlian dala membuat makanan yang sejenis Dodol ini, namun tidak jarang juga makanan ini kita temui ndidaerah pulau jawa dan sumatra, karena makanan ini selain enak dan lezat rasanya makanan ini juga dikenal sebagaimakanna pencuci mulut. 

bentuk dan ukuran Dodolini bermacam-macam, tergantung dan selera si -pembuat Dodol tersebut, namun biasanya yang sering kita jumpai berukuran kecil. untuk membuat kue Dodol ini ada beberapa bahan yang perlu anda ketahui diantaranya:

Bahan-bahan Kue Dodol

1. 1 kg tepung ketan.
2. 100 gram tepung beras.
3. 2 kg gula merah kwalitas baik kemudian sisir halus.
4. 500 gr gula pasir kwalitas baik.
5. 2 liter santan kelapa kental.
6. 2 liter santan kelapa encer.
7. ½ sdm garam halus.
8. 2 lembar daun pandan ukuran 20 cm kemudian ikat simpul.
9. Nampan yang telah dilapisi daun pisang sebagai alas.

Cara membuat :

1. Mula-mula siapkan wajan yang agak besar kemudian masak santan kental, gula merah, gula pasir, daun panda, serta garam hingga mendidih. Setelah mendidih angkat dan diamkan santan dengan api kecil kemudian buang daun pandannya.
2. Setelah itu siapkan wadah atau baskom kecil kemudian campurkan santan encer, tepung ketan serta tepung beras lalu aduk hingga rata.
3. Setelah itu, masukkan larutan tepung tadi kedalam santan kental yang telah direbus, lalu aduk perlahan hingga adonan mengental dan matang kemudian angkat. Sedikit tips agar adonan masak merata yaitu aduk-aduk terus adonan jangan berhenti sampai adonan benar-benar mengental dan matang.
4. Setelah dodol matang, tuangkan dodol keatas nampan yang telah diberi alas daun pisang kemudian dinginkan. Jika dodol sudah dingin, cetak dodol kecil-kecil atau sesui selera anda kemudian bungkus dengan menggunakan kertas roti.
Dodol sudah bisa dihidangkan dan siap untuk di nikmati kelezatannya.
Nah itulah bahan dan sekaligus caranya semoga bermanfaat..dan sukses

jika menyertakan link aktif diaggap sepam