-->
Saturday, March 8, 2014

Fonetik dan Bidang Kajiannya

IKLAN
Menurut Clark dan Yallop (1990), fonetik menrupakan bidang yang berkaitan erat dengan bagaimana cara manusia berbahasa serta mendengar dan memproses ujaran yang diterima. Lebih lanjut fonetik ini sangat berguna untuk tujuan-tujuan seperti pengajaran diksi,penguasaan bunyi-bunyi bahasa asing, perbaikan kualitas bertutur bagi mereka yang menghadapi masalah kurang daya pendengarannya (Malmberg, 1963).
Secara umum fonetik dapat dibagi menjadi tiga bidang kajian, yaitu fonetik fisiologis, fonetik akustik, dan fonetik audiotoris atau fonetik persepsi (Dew dan Jensen, 1977:19).

1. FonetikFisiologi
adalah suatu bidang ilmu pengetahuan yang mengkaji tentang ilmu fisiologis manusia (Liberman, 1977:3).

2. Fonetik Akustik
Bertumpu pada struktur fisik bunyi-bunyi bahasa dan bagaimana alat pendengaran manusia memberikan reaksi kepada bunyi-bunyi bahasa yang diterima (Malmberg, 1963:1). Ada tiga ciri utama bunyi-bunyi bahasa yang medapatkan penekanan dalam kajian fonetik akustik, yaitu frekuensi, tempo dan kenyaringan.

3. Fonetik Audiotoris
Kajiannya mengarah pada personal bagaimana manusia menentukan pilihan bunyi-bunyi yang diterima alat pendengarnya. Dengan arti kata kajian ini meneliti bagaimana seorang pendengar menanggapi bunyi-bunyi yang diterimanya sebagai bunyi-bunyi yang perlu diproses sebagai bunyi-bunyi bahasa bermakna dan apakah bunyi-bunyi bahasa yang dianggap penting oleh pendengar dalam usahanya untuk membeda-bedakan setiap bunyi bahasa yang didengar (Singh dan Singh, 1976:5).

Nah inilah pembahasan tentangtang fonetik dan bidang kajiannya semoga bermanfaat...

jika menyertakan link aktif diaggap sepam