-->
Wednesday, March 12, 2014

Pengertian Portofolio Secara Umum

IKLAN
Portofolio merupakan terjemahandari bahasa inggris "portfolio" yang berarti kumpulan berkas atau arsif yang disimpan dalam kemasan berbentuk jilid (bundle) ataupun diarsif dalam file khusus (map). tetapi dalam kamus inggris indonesia (Echole dan shadily, 1996: 1453) portofolio diartikan juga sebagai tas surat dan jabatan (mentri). sedangkan dalam the contemporery dictionery (Salim, 1996:1453) diartikan sebagai tas surat, daftar stok, surat berharga, dan jabatan menteri. arti kamus di atas belum jelas jika dikaitkan dengan pembelajaran. oleh karena itu berikut akan dijelaskan pengertian portofolio berdasarkan pendapat dari beberapa ahli dalam bidang pendidikan.

Menurut Depdiknas (2004:3) portofolio sebagai instrumen penilaian, difokuskan pada dokumen tentang kerja siswa yang produktif, yaitu "bukti" tentang apa yang dapat dilakukan oleh siswa, bukan apa yang tidak dapat dikerjakan (dijawab atau dipecahkan) oleh siswa. bagi guru portofolio menyajikan alasan tentang banyak segi perkembangan siswa dalam belajarnya: cara berfikirnya, pemahamannya atas pelajaran yang bersangkutan, kemampuannya mengungkapkan gagasan-gagasannya, sikapnya terhadap mata pelajaran yang bersangkutan, dan sebagainya.

Jadi portofolio merupakan koleksi dari bukti-bukti kemajuan siswa atau kelompok siswa, bukti prestasi, keterampilan, dan sikap siswa.

Nah inilah akhir dari pembahasan saya tentang Pengertian Portofolio Secara Umum semoga bermanfaat...

jika menyertakan link aktif diaggap sepam