-->
Thursday, March 6, 2014

Kemampuan Kunang-kunang Poturis dalam Mencari Pasangan

IKLAN
Anda pasti tahu apa itu kunang-kunang, menurut orang jawa kunang-kunang itu sebuah jelmaan dari kukunya orang mati. Sebenarnya itu hanyalah mitos belaka, pada hakikatnya hewan kunang-kunang itu memang benar adanya, yang betinang dikenal dengan kunang-kunang tanpa sayap dan yang jantan dikenal dengan bersayap panjang.

Kunang-kunang bukan lalat sejati, mereka termasuk urutan Coeleoptera, mereka sejenis kumbang. Mereka terkenal karena kemampuan mereka menghasilkan cahaya. Sebagian kunang-kunang menggunakan cahaya mereka untuk berkomunikasi satu sama lain, kebanyakan lainnya adalah untuk menarik pasangan.

Betina Photinus memiliki sayap yang sangat pendek dan tidak bisa terbang, tapi yang jantan bisa. Selama musim kawin, Photinus jantan terbang di atas tanah dan memancarkan kedipan untuk menarik betina. Betina yang di tanah menonton photinus jantan dan merespons dengan mengedipkan cahaya juga. Lalu Kunang-kunang Photuris masuk. Makhluk ini memata-matai betina dari spesies Photunis dan meniru pola mereka berkedip untuk menarik kunang-kunang jantan agar tidak curiga. Ketika kunang-kunang jantan turun ke tanah bersiap untuk kawin, mereka dengan cepat diserang dan dimakan oleh kunang-kunang Photuris.

jika menyertakan link aktif diaggap sepam