-->
Friday, March 21, 2014

Macam-Macam Strategi Belajar

IKLAN
Strategi belajar dikenal dengan srategi kognitif, karena menitik beratkan pada kognisi seseorang. Strategi belajar ini dapat dibedakan menjadi empat masam.

1. Strategi mengulang
ada dua macam strategi mengulang, yaitu mengulang sederhana dan strategi mengulang kompleks dengan cara menggaris bawahi ide-ide utama dan membuat cacatan pinggir.

2. Strategi elaborasi.
yaitu dilakukan dengan menambahkan rincian sehingga informasi baru akan menjadi lebih bermakna. Salah satu caranya dengan membuat kode (Nur, 2005:30). berdasarkan contoh strategi ini, sebagai berikut:
  • Notetaking (pembuatan cacatan) berdasarkan ide-ide utama dari materi ajar sehingga diperlukan keterampilan berfikir kompleks, karena tidak sekedar menyalin. Notetaking dapat membantu siswa dalam mempelajari informasi secara ringkas dan padat untuk menghafal atau pengulangan.
  • Analogi, yaitu membuat perbandiang untuk menunjukkan kesamaan dengan materi yang dipelajari.
  • Metode PQ4R adalah preview, question, read, reflect, recite dan review. prosedur PQ4R Memusatkan siswa pada pengorganisasian informasi bermakna.
3. Strategi organisasi
keterampilan mengorganisasikan ide-ide baru dalam mempelajari suatu materi. siswa perlu membuat kata-kata kunci dan membuatnya dengan bentuk baru. strategi ini meliputi hal-hal berikut:
  • pembuatan kerangka (Outlining), yaitu menghubungkan berbagai macam topik atau ide dengan beberapa ide utama.
  • pemetaan (mapping), yaitu membuat peta (biasanya peta konsep) berdasarkan ide-ide penting dalam bentuk diagram dan menentukan kesalingterhubungan antar konsep tersebut.
  • Mnemonics dikenal dengan jabatan keledai. Ini membantu siswa untuk mengorganisasikan informasi yang berkenaan dengan ingatan akan suatu materi. 
4. Strategi Metakognitif
adalah pengetahuan seseorang tentang pembelajaran diri atau berfikir tentang kemampuannya untuk menggunakan strategi-strategi belajar tertentu dengan benar (Arends, 1997:260).

Berdasarkan paparan di atas tentang macam-macam strategi belajar maka dapat dikatakan bahwa mengajarkan strategi kognitif pada siswa dapat membawa ke arah peningkatan hasil belajar secara nyata.

jika menyertakan link aktif diaggap sepam