-->
Wednesday, March 12, 2014

Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II

IKLAN
Jigsaw tipe II ini dikembangkan oleh Slavin (Roy Kllien, 1996) dengan sedikit perbedaan, dalam belajar kooperatif tipe jigsaw, secara umum siswa dikelompokkan oleh secara heterogen dalam kemampuan. siswa diberi materi yang baru atau pendalaman dari materi sebelumnya untuk dipelajari. masing-masing anggota kelompok secara acakditugaskan untuk menjadi ahli, pada suatu aspek tertentu dari materi tersebut. 

Model pembelajaran jigsaw II sudah dikembangkan oleh Slavin. ada perbedaan mendasar antara pembelajaran jigsaw I dan jigsaw II. Kalau pada tipe I, awalnya siswa hanya belajar konsep tertentu yang akan menjadi spesialisasinya sementara konsep-konsep yang lain ia dapatkan melalui diskusi dengan teman segrupnya. pada tipe II ini setiap siswa memperoleh kesempatan belajar secra keseluruhan konsep (scen read) sebelum ia belajar spesialisasinya untuk menjadi exper. Hal ini untuk memperoleh gambaran menyeluruh dari konsep yang akan dibicarakan.

jika menyertakan link aktif diaggap sepam