-->
Friday, March 14, 2014

Istilah dan Pengertian Pengajaran Berdasarkan Masalah (PBM)

IKLAN
Istilah PBM ini di adopsi dari istilah inggris Problem based instruction (PBI). model pengajaran berbasis masalah ini sudah dikenal sejak jaman John Dewey. Menurut Dewey (dalam Sudjsns 2001:19) belajar berdasarkan masalah adalah interaksi antara stimulus dengan respon, merupakan hubungan antara dua arah belajar dan lingkungan. lingkungan memberi masukan kepada siswa berupa bantuan dan masalah, sedangkan sistem saraf otak berfungsi menafsirkan bantuan ini secara efektif sehingga masalah yang dihadapi dapat diselidiki, dinilai, dianalisis, serta dicari pemecahannya dengan baik.

Pembelajaran berdasarkan masalah ini merupakan pendekatan yang efektif untuk pengajaran proses berfikir tingkat tinggi. pembelajaran ini membantu siswa untuk memproses informasi yang sudah jadi dalam benaknya dan menyusun pengetahuan mereka sendiri tentang dunia sosial dan sekitarnya. Pembelajaran ini cocok untuk mengembangkan pengetahuan dasar maupun kompleks (Ratumanan, 2002:123

Menurut Arends (1997), pengajaran berdasarkan masalah merupakan suatu pendekatan pembelajaran dimana siswa mengajarkan permasalahan yang autentik dengan maksud untuk menyusun pengetahuan mereka sendiri, mengembangkan inkuiri dan keterampilan berfikir tingkat lebih tinggi, mengembangkan kemandirian, dan percaya diri.

jika menyertakan link aktif diaggap sepam