-->
Wednesday, March 19, 2014

Tahapan-Tahapan Mengajar dalam Kelas

IKLAN
Secara umum, dalam mengajar guru mengikuti tahapan-tahapan seperti berikut:
1. Prainstruksional
Merupakan tahap persiapan sebelum mengajar dimulai. beberapa hal yang harus dilakukan guru sebelum memulai kegiatan mengajar, sebagai berikut:
  • Memeriksa kehadiran siswa, kehadiran siswa perlu diperiksa sebelum kegiatan pembelajaran dimulai. guru perlu mengetahui apakah semua siswanya hadir ataukah ada yang tidak hadir. ehadiran siswa dicatat pada buku kehadiran yang biasanya disediakan di dalam kelas. Pada kegiatan ini, guru sekaligus memeriksa kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran.
  • mengecek kondisi kelas, meja dan kursi tertata rapi, termasuk mengecek keberhasilan kelas, Jika kondisi kelas baik, duharapkan pembelajaran juga akan berlangsung dengan baik.
  • mengecek peralatan yang tersedia, kegiatan ini dilakukan dengan mengecek peralatan yang akan digunakan guru. Misalnya papan tulis, alat tulis, OHP,LCD proyektor, dan peralatan penunjang lainnya.
  • Mengadakan apresiasi, jika siswa sudah berada dalam kondisi siap belajar, guru memulai pembelajaran dengan mengadakan apresiasi. Apresiasi merupakan kegiatan awal yang berguna untuk menggali pengetahuan awal siswa tentang materi maupun memberikan pengantar tentang materi.
  • Mengadakan pretes/ tes diagnistik,untuk mengecek pengetahuan awal siswa dengan pasti, guru dapat mengadakan pretes atau tes diagnostik. pretes atau tesdiagnostik ini dapat dilangsungkan ketika awal masuk materi baru. Hasil pretes atau tes diagnostik dapat digunakan guru sebagai landasan dalam menentukan strategi dan metode pembelajaran.
2. Instruksional (saat-saat mengajar)
pada kegiatan ini, ada dua kegiatan utama yang dilakukan guru, sebagai berikut.
  • Inti Mengajar, berupa penyampaian materi dengan berbagai macam strategi pembelajaran. pada kegiatan ini, guru melaksanakan desain pembelajaran sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat sebelumnnya.
  • Membuat kesimpulan, sebelum guru mengakhiri kegiatan pembelajaran siswa bersama, sama dengan guru membuat kesimpulan tentang apa yang telah dipelajari. 
3. Assessment (Penilaian)
kegiatan ini dilakukan untuk mengecek pemahaman siswa tentang materi yang telah dipelajari . berbagai masam assessment yang dapat dilakukan antara lain kuis, postes, ulangan harian, dan ulangan blok.

4. Follow Up (tindak lanjut)
kegiatan tindak lanjut dilakukan berdasarkan assessment yang telah dilakuan sebelumnya. ada dua kegiatan utama dalam tindak lanjut ini, yaitu untuk siswa yang telah menuntaskan materi dapat diberi materi pengayaan (enrrichment) dan bagi siswa yang belum menuntaskan materi dapat diberi perbaikan (remedial). bentuk tindak lanjut ini antara lain dengan diskusi kelompok informal, penyusunan ikatisar, pemberian PR, dll.

jika menyertakan link aktif diaggap sepam