RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS :
XI
SEMESTER
: 1
Aspek
Pembelajaran : Mendengarkan
Setandar
Kopetensi : 1. Memahami berbagai informasi dari sambutan/khotbah
dan wawancara
Kopetensi
Dasar : 1.1Menemukan pokok-pokok isi sambutan/ khotbah
yang
didengar
Alokasi Waktu : 4 x
45 menit ( 2 pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : Siswa mampu menemukan
pokok-pokok isi sambutan/
khotbah yang
didengar
Materi Pokok
Pembelajaran : Sambutan atau khotbah Pokok-pokok isi sambutan
Cara membuat ringkasan sambutan/ khotbah
INDIKATOR PENCAPAIAN KOPETENSI
No
|
Indikator Pencapaian Kopetensi
|
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
|
1
|
Mencatat pokok-pokok isi sambutan atau khotbah yang
didengarkan
|
·
Bersahabat/ komunikatif
·
Kreatif
|
·
Kepemimpinan
·
Keorisinilan
|
2
|
Menuliskan
pokok-pokok isi sambutan ke dalam
beberapa kalimat
|
||
3
|
Menyampaikan
(secara lisan) ringkasan sambutan atau khotbah
|
METODE PEMBELAJARAN
|
Presentasi
|
|
F
|
Diskusi Kelompok
|
|
F
|
Inquari
|
|
F
|
Tanya Jawab
|
|
F
|
Penugasan
|
|
|
Demontrasi /Pemeragaan Model
|
|
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami berbagai informasi dari sambutan/khotbah dan wawancara.
·
Menemukan
pokok-pokok isi sambutan/
khotbah
|
·
Sambutan
atau khotbah
·
Pokok-pokok
isi sambutan
·
Cara membuat
ringkasan sambutan/ khotbah
|
· Siswa dapat Mencatat pokok-pokok isi sambutan atau
khotbah.
· Siswa Menuliskan pokok-pokok isi
sambutan ke dalam beberapa kalimat.
|
TAHAP
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
PEMBUKA
(Apersepsi)
|
F Guru mengajak siswa untuk
mengingat dan mencermati berbagai peristiwa bencana alam di tanah
air. Guru memperlihatkan foto-foto
atau film dokumenter kondisi lingkungan
alam yang rusak. Siswa diajak
menemukan benang merah yang menghubungkan antara dua hal tersebut.
F Guru mengajak siswa peduli terhadap kelestarian lingkungan alam melalui
berbagai cara, misalnya dengan menyimak baik-baik pidato/sambutan/khotbah
yang mengangkat topik isu-isu lingkungan hidup.
|
·
Bersahabat/ komunikatif
|
INTI
|
Pertemuan ke-1 ( 90’)
|
|
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Siswa
diminta untuk memikirkan dan merumuskan perbedaan antara mendengarkan dan
mendengar.
F Guru
menanyakan kepada siswa perbedaan
/persamaan antara pidato, khotbah, dan sambutan.
F Siswa
mendengarkan pembacaan/rekaman khotbah/sambutan/pidato bertopik lingkungan.
F Siswa
menjawab pertanyaan-pertanyaan pemahaman isi khotbah/sambutan/pidato yang didengarkannya.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Secara
berkelompok, siswa mengidentifikasi pokok-pokok pikiran penting khotbah yang
didengar.
F Siswa membuat rangkuman isi khotbah yang
didengar.
F Siswa menanggapi beberapa pernyataan penting yang terdapat dalam khotbah.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui.
|
·
Kreatif
|
|
Pertemuan ke-2
(90’)
|
|
|
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Siswa
mengerjakan Geladi Kelompok:
mendengarkan rekaman khotbah, menjawab pertanyaan, mengidentifikasi
pokok-pokok penting,
meringkas/merangkum, dan menanggapi isi khotbah,
F Guru
menyampaikan tugas Geladi Diri: mendengarkan khotbah di luar sekolah baik
secara langsung di rumah-rumah ibadah atau melalui siaran di media elektronik dan
melaporkan hasil simakannya.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui.
|
·
Kreatif
|
|
PENUTUP
(Internalisasi dan refleksi)
|
F Siswa
menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting yang telah dipelajari
F Siswa diajak
merefleksikan nilai-nilai serta
kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran
F Guru
menghimbau siswa untuk dapat menjadi pendengar yang baik, cerdas, dan kritis
saat mendengarkan khotbah
|
·
Bersahabat/ komunikatif
|
SUMBER BELAJAR
Ø
|
Pustaka rujukan
|
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex
Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman 1-8
Komposisi karya Gorys Keraf terbitan Nusa Indah halaman 261-269
Strategi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah, penyunting
Slamet Soewandi, dkk. terbitan
Universitas Sanata Dharma
|
Ø
|
Material: VCD, kaset, poster
|
Flim dokumenter yang memperlihatkan eksploitasi alam dan dampak yang
ditimbulkan
Gambar perusakan alam dan
bencana-bencana alam yang disebabkan kerusakan lingkungan
|
Ø
|
Mediacetak dan elektronik
|
rekaman / tayangan
khotbah/pidato/sambutan dari
radio atau televisi
|
|
Website internet
|
|
|
Narasumber
|
|
|
Model peraga
|
|
Ø
|
Lingkungan
|
Lingkungan
masyarakat sekitar siswa
|
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK
|
v
|
Tes Lisan
|
v
|
Tes Tertulis
|
|
v
|
Observasi Kinerja/Demontrasi
|
|
v
|
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
|
|
v
|
Pengukuran Sikap
|
|
|
Penilaian diri
|
|
INSTRUMEN /SOAL
|
Tugas
untuk menyimak/mendengarkan khotbah/pidato.
Daftar
pertanyaan pemahaman isi khotbah.
Tugas
untuk merangkum dan menanggapi isi khotbah.
Tugas
geladi diri untuk menyimak khotbah/pidato di rumah (baik langsung maupun
rekamannya)
Daftar
pertanyaan Kuis Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep
yang telah dipelajari
|
|
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
|
Rubrik Penilaian Merangkum/meringkas isi pidato (terlampir di bawah)
|
Mengetahui
Kepala
SMA/MA Guru
Mata Pelajaran
........................... ...................................
NIP./NIK. NIP./NIK.
jika menyertakan link aktif diaggap sepam