-->
Friday, September 27, 2013

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) SMA XI

IKLAN


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH                            :
MATA PELAJARAN          : Bahasa Indonesia
KELAS                                  : XI
SEMESTER                         : 1

Aspek Pembelajaran             : Mendengarkan
Setandar Kopetensi               : 1.   Memahami berbagai informasi dari sambutan/khotbah
                                                  dan  wawancara
Kopetensi Dasar                    : 1.1Menemukan  pokok-pokok isi sambutan/   khotbah
                                                  yang didengar   
Alokasi Waktu                       : 4 x  45 menit ( 2 pertemuan)

Tujuan Pembelajaran           : Siswa mampu  menemukan  pokok-pokok isi sambutan/
                                                  khotbah  yang  didengar

Materi Pokok Pembelajaran : Sambutan atau khotbah Pokok-pokok isi sambutan
                                                    Cara membuat   ringkasan sambutan/ khotbah

INDIKATOR PENCAPAIAN KOPETENSI
No
Indikator Pencapaian Kopetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
1
Mencatat pokok-pokok isi sambutan atau khotbah yang didengarkan
·   Bersahabat/ komunikatif
·   Kreatif

·   Kepemimpinan
·   Keorisinilan

2
Menuliskan pokok-pokok isi sambutan  ke dalam beberapa kalimat
3
Menyampaikan (secara lisan) ringkasan sambutan atau khotbah

METODE PEMBELAJARAN

Presentasi

F  
Diskusi Kelompok

F  
Inquari

F  
Tanya Jawab

F  
Penugasan


Demontrasi /Pemeragaan Model


STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Memahami berbagai informasi dari sambutan/khotbah dan  wawancara.
·         Menemukan  pokok-pokok isi sambutan/   khotbah
·        Sambutan atau khotbah
·        Pokok-pokok isi sambutan
·        Cara membuat   ringkasan sambutan/ khotbah
·     Siswa dapat Mencatat pokok-pokok isi sambutan atau khotbah.
·     Siswa Menuliskan pokok-pokok isi sambutan  ke dalam beberapa kalimat.

  KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
PEMBUKA
(Apersepsi)
F Guru mengajak siswa untuk mengingat dan  mencermati  berbagai peristiwa bencana alam di tanah air.  Guru memperlihatkan foto-foto atau film dokumenter  kondisi lingkungan alam yang rusak.   Siswa  diajak    menemukan benang merah yang menghubungkan antara dua hal tersebut.
F Guru  mengajak siswa    peduli terhadap  kelestarian lingkungan alam melalui berbagai cara, misalnya dengan menyimak baik-baik pidato/sambutan/khotbah yang mengangkat topik isu-isu lingkungan hidup.

·   Bersahabat/ komunikatif



INTI
Pertemuan ke-1 ( 90’) 

& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Siswa diminta untuk memikirkan dan merumuskan perbedaan antara mendengarkan dan mendengar.
F Guru menanyakan kepada siswa  perbedaan /persamaan antara pidato, khotbah, dan sambutan.
F Siswa mendengarkan pembacaan/rekaman khotbah/sambutan/pidato  bertopik lingkungan.
F Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan pemahaman isi khotbah/sambutan/pidato  yang didengarkannya.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Secara berkelompok, siswa mengidentifikasi pokok-pokok pikiran penting khotbah yang didengar.
F Siswa  membuat rangkuman isi khotbah yang didengar.
F Siswa menanggapi  beberapa pernyataan penting  yang terdapat dalam khotbah.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
·   Kreatif

Pertemuan ke-2   (90’)

& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Siswa mengerjakan Geladi Kelompok:  mendengarkan rekaman khotbah, menjawab pertanyaan, mengidentifikasi pokok-pokok penting,  meringkas/merangkum, dan menanggapi isi khotbah,
F Guru menyampaikan tugas Geladi Diri: mendengarkan khotbah di luar sekolah baik secara langsung  di  rumah-rumah ibadah atau melalui siaran di media elektronik dan melaporkan hasil simakannya.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
·   Kreatif

PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)

F Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting   yang telah dipelajari
F Siswa  diajak  merefleksikan nilai-nilai  serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran
F Guru menghimbau siswa untuk dapat menjadi pendengar yang baik, cerdas, dan kritis saat mendengarkan khotbah
                                                                                               
·   Bersahabat/ komunikatif


SUMBER BELAJAR
Ø   
Pustaka rujukan
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman 1-8
Komposisi karya Gorys Keraf terbitan Nusa Indah halaman  261-269
Strategi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah, penyunting Slamet Soewandi, dkk.  terbitan Universitas Sanata Dharma  

Ø   
Material: VCD, kaset, poster
Flim dokumenter yang memperlihatkan eksploitasi alam dan dampak yang ditimbulkan
Gambar perusakan  alam dan bencana-bencana alam yang disebabkan kerusakan lingkungan

Ø   
Mediacetak dan elektronik
rekaman / tayangan   khotbah/pidato/sambutan   dari radio atau televisi

Website internet


Narasumber


Model peraga

Ø   
Lingkungan
Lingkungan   masyarakat  sekitar siswa

PENILAIAN



TEKNIK DAN BENTUK
v   
Tes  Lisan
v   
Tes Tertulis 
v   
Observasi Kinerja/Demontrasi
v   
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
v   
Pengukuran Sikap

Penilaian diri

INSTRUMEN /SOAL


Tugas untuk menyimak/mendengarkan khotbah/pidato.
Daftar pertanyaan  pemahaman isi khotbah.
Tugas untuk merangkum dan menanggapi isi khotbah.
Tugas geladi diri untuk menyimak khotbah/pidato di rumah (baik langsung maupun rekamannya)
Daftar pertanyaan Kuis Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep yang telah dipelajari

RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
Rubrik Penilaian Merangkum/meringkas isi pidato  (terlampir di bawah)





Mengetahui
Kepala SMA/MA                                                                  Guru Mata Pelajaran



...........................                                                                     ...................................
NIP./NIK.                                                                              NIP./NIK.

jika menyertakan link aktif diaggap sepam