-->
Friday, September 27, 2013

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 2 SMA XI

IKLAN


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH                            :
MATA PELAJARAN          : Bahasa Indonesia
KELAS/SEMESTER           : XI/1

Aspek Pembelajaran             : Mendengarkan
Standar Kopetensi                : 1. Memahami berbagai informasi dari
                                                 sambutan/khotbah dan wawancara
Kopetensi Dasar                    : 1.2 Merangkum isi pembicaraan dalam wawancara  

Alokasi Waktu                       : 4  x  45 menit ( 2 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran           : Siswa mampu  merangkum isi pembicaraan dalam
                                                  Wawancara Siswa mampu    menyampaikan (secara
                                                  lisan) isi rangkuman kepada orang lain

Materi Pokok Pembelajaran : Rekaman wawancara sosok  di radio atau televisi Isi
                                                    pokok rekaman wawancara Contoh rangkuman
                                                    wawancara Cara merangkum hasil wawancara

INDIKATOR PENCAPAIAN KOPETENSI
No
Indikator Pencapaian Kompetensi 
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
1
Mencatat pokok-pokok pembicaraan dalam wawancara : siapa yang mewawancarai dan siapa yang diwawancarai, serta apa isi pembicaraannya
·   Bersahabat/ komunikatif
·   Kreatif

·   Kepemimpinan
·   Keorisinilan
2
Merangkum seluruh isi pembicaraan dalam beberapa kalimat
3
Menyampaikan (secara lisan) isi rangkuman kepada orang lain

METODE PEMBELAJARAN

Presentasi


Diskusi Kelompok

F  
Inquari

F  
Tanya Jawab

F  
Penugasan


Demontrasi /Pemeragaan Model


STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Memahami berbagai informasi dari sambutan/khotbah dan  wawancara.
·         Merangkum isi
·        Rekaman wawancara sosok  di radio atau televisi
·         Isi pokok rekaman wawancara
·         Contoh rangkuman wawancara
·         Cara merangkum hasil wawancara
·     Siswa dapat Mencatat pokok-pokok pembicaraan dalam wawancara : siapa yang mewawancarai dan siapa yang diwawancarai, serta apa isi pembicaraannya
·     Siswa Merangkum seluruh isi pembicaraan dalam beberapa kalimat.

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
PEMBUKA
(Apersepsi)
F Guru menyebut sebuah program  acara  televisi   yang  berisi wawancara dengan tokoh-tokoh terkenal/publik figur dan menanyakan kepada siswa siapa yang secara rutin mengikutinya, misalnya Jayasuparana Show. (Bila memungkinkan, Guru menayangkan cuplikan rekaman acara tersebut)
F Bilamana ada, siswa yang bersangkutan diminta  menyampaikan  nama pewawancara, nama narasumber, dan topik wawancara   program terakhir yang  disiarkannya.
F Terhadap topik wawancara, siswa dimintai tanggapannya secara singkat.

·   Bersahabat/ komunikatif



INTI
Pertemuan ke-1 ( 90’) 

& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Guru menayangkan sebuah rekaman wawancara dengan topik seni dan budaya.
F Guru menjelaskan prinsip-prinsip merangkum
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
F Siswa menjawab sejumlah pertanyaan pemahaman isi wawancara  yang dilisankan guru.
F Siswa mengidentifikasi  intisari pertanyaan dan jawaban narasumber
F Siswa merangkum isi pembicaraan dalam wawancara dengan memperhatikan sturktur kalimat
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
·   Kreatif

Pertemuan ke-2  (90’)

& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Siswa saling menukarkan hasil rangkuman  untuk diedit.
F Siswa memperbaiki hasil rangkuman berdasarkan catatan  atau masukan teman
F Secara bergantian, siswa membacakan rangkumannya di depan kelas untuk ditanggapi siswa yang lain.
F Guru memilih  beberapa rangkuman terbaik dan memberikan ulasan penjelasan.
F Guru menyampaikan tugas mandiri, menyimak tayangan program wawancara di radio/televisi dan mengulang  latihan-latihan yang sudah diberikan.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
·   Kreatif

PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)

F Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting   yang telah dipelajari
F Siswa   diajak merefleksikan nilai-nilai  serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran
                                                                                               
·   Bersahabat/ komunikatif


SUMBER BELAJAR
V
Pustaka rujukan
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman 25 - 31
Komposisi karya Gorys Keraf terbitan Nusa Indah halaman  261-269
Strategi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah, penyunting Slamet Soewandi, dkk.  terbitan Universitas Sanata Dharma  
V
Material: VCD, kaset, poster
rekaman siaran wawancara  di  televisi/radio


Mediacetak dan elektronik


Website internet


Narasumber

V
Model peraga
siswa yang memeragakan/ menyimulasikan adegan wawancara
V
Lingkungan
Lingkungan   masyarakat  sekitar siswa

PENILAIAN



TEKNIK DAN BENTUK
v   
Tes  Lisan

Tes Tertulis 
v   
Observasi Kinerja/Demontrasi
v   
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
v   
Pengukuran Sikap

Penilaian diri

INSTRUMEN /SOAL


Sejumlah pertanyaan /soal  untuk menguji pemahaman  siswa atas isi wawancara
Tugas untuk mengidentifikasi intisari pertanyaan dan jawaban narasumber
Tugas untuk merangkum isi wawancara yang didengar
Tugas untuk menyimak acara wawancara di radio/televisi dan melaporkan hasil simakannya
Daftar pertanyaan Kuis uji teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep yang telah dipelajari
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
 Rubrik penilaian tugas merangkum hasil wawancara (terlampir di bawah)





                                                                                                ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA                                                                  Guru Mata Pelajaran



...........................                                                                     ...................................
NIP./NIK.                                                                              NIP./NIK.

jika menyertakan link aktif diaggap sepam