-->
Thursday, October 10, 2013

Penelitian PTK Part 7

IKLAN


a.       Aktivitas guru di dalam kelas terkait dengan kegitan pembelajaran kemampuan berbicara, penerapan teknik bermain peran, penggunaan alat bantu mengajar.
                 Tabel angket/pedoman obsevasi
No
VORMAT OBSERVASI
KRITERIA
A
B
C
D
1
2
3
4
5
6
Antusiasme siswa terhadap pembelajaran berbicara yang diberikan oleh guru
Keaktifan siswa saat pembelajaran berbicara langsung
Kerja sama antar siswa saat pembelajaran
Kekritisan siswa terhadap materi pembelajaran berbicra yang diberikan oleh guru

Perilaku siswa saat praktik berbicara dilaksanakan

Perhatian siswa saat teman yang lain maju dan bermain peran di depan kelas.




                                          Sumber : Wijayanti, 2007:37




Sedangkan evaluasi merupakan pengukuran hasil belajar dengan menggunakan tes. Teknik tes merupakan salah satu teknik pengumpulan data yang dilakukan untuk mengukur kemampuan dasar dan pencapaian prestasi. Arikunto (2006:223). Aspek-aspek yang di evaluasi merupakan salah satu alat untuk mengukur tingkat kemampuan belajar siswa dengan menggunakan tes. Tes yang digunakan adalah tes lisan untuk mengukur tingkat kemampuan bebicara siswa, diantaranya:
            Tabel. Aspek penilaian
Aspek yang dinilai
Skor
1.      Ketepatan ucapan
20
2.      Penempatan tekanan dan nada
15
3.      Gerak-gerik mimic yang tepat
25
4.      Kelancaran
20
5.      Penguasaan topic/naskah drama
20
jumlah
100
           
                                               
 Sumber: Wijayanti, 2007:37
Berdasarkan tabel di atas dalam menganalisis data peneliti melakukan langkah-langkah berikut:
a.       Membuat rekapitulasi nilai kemampuan berbicara
b.      Menghitung rata-rata nilai
c.       Menentuakan prosentase nilai

a.       Menganalisis kemampuan berbicara dengan metode bermain peran dengan menggunakan rumus distribusi frekuensi untuk menghitung sebaran prosentase dari frekuensi tersebut, yaitu:
1.      Refleksi
pada tahap ini, peneliti menganalisis data yang diperoleh berdasarkan unjuk kerja yang dilakukan siswa ketika melakukan kegiatan berbicara melalui teknik bermain peran.
Penilaian ini dianggap berhasil apabila kopetensi berbicara siswa meningkat. Peningkatan kemampuan berbicara siswa ini ditunjukkan dengan peningkatan nilai yang diperoleh siswa dari siklus I ke siklus II.
Untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa tersebut, peneliti menetapkan parameter untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa. Maka yang menjadi pedoman adalah tabel klasifikasi nilai siswa sebagai berikut:
 
                      Tabel. Parameter penelitian tes
No
Hasil yang dicapai siswa
kategori
1
80-100
Sangat baik
2
70-79
Baik
3
60-69
Cukup
4
50-59
Kurang
5
0-49
Sangat kurang

      Siswa dianggap berhasil jika mencapai nilai 65 ke atas. Siswa sianggap gagal jika nilainya berada di bawah 65 dan perlu dilakukan remedial atau pengulangan.

jika menyertakan link aktif diaggap sepam